Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis-Jenis Keamanan Jaringan Komputer Beserta Penjelasannya

Jenis-Jenis Keamanan Jaringan Komputer Beserta Penjelasannya

Jenis keamanan jaringan komputer dapat dikelompokan ke dalam beberapa jenis. Mulai dari jenis yang sangat berbahaya sampai ke jenis kejahatan yang hanya membuat pengguna jaringan kesel. Oleh sebab itu, Sistem keamanan sangat diperlukan. Jenis- Jenis keamanan dapat diklasifikasikan menjadi Empat, bagian yaitu sebagai berikut.

1. Keamanan yang bersifat fisik, merupakan jenis keamanan yang di kenal dengan istilah physcial security.

Physical Security
Physical security menfokuskan pada strategi untuk mengamankan pekerja atau anggota organisasi, aset fisik, dan tempat kerja dari berbagai ancaman meliputi bahaya kebakaran, akses tanpa otorisasi, dan bencan alam. Jenis physical security termasuk juga akses orang ke gedung serta perlatan dan media yang digunakan.  Contohnya adalah sebagai berikut.

a.) Wiretapping, merupakan jenis Physical security yang berhubungan dnegan akses ke kabel atau komputer yang digunakan, misalnya scanner pada bank.

Pada proses wiretapping, penyadapa melakukan proses pengambilan data yang ditransmisikan pada saluran kabel komunikasi dengan menggunakan sambungan perangkat keras.

b.) Denial of service, merupakan jenis physical security dengan cara mematikan perlatan atau membanjiri saluran komunikasi dengan pesan-pesan yang tidak jelas.

Akibat yang ditimbulkan oleh denial of service adalah layanan (service) tidak dapat diterima oleh pemakai karena terlalu banyak jumlah pesan yang diterima atau masuk

2. Keamanan yang berhubungan dengan orang ( personal ). merupakan jenis keamanan yang berhubungan dengan indeftikasi user ( yaitu usrname dan password ) dari orang yang memilik akses, baik pemakai merupakan penglola. Artinya, kelemahan dari keamanan sistem seringkali disebebkan  oleh pengelola atau user yang menggunakan sistem jaringan. Keamanan yang berhubungan dengan orang-orang yang melakukan tindakan kriminal dan seolah-olah sebagai pengguna atau pengases informasi asli sering dikenal dnegan istilah "social enggineering".
keterangan gambar di atas:

keamanan yang berhubungan dengan personal dikenal dengan istilah social engineering. Semakin banyak penyarang atau proses serangan yang dilakukan secara langsung pada pengguna dengan membocorkan berbagai macam infromasi yang sangat sensitif, asumsinya pengguna tidak melakukan kesalahan pada sistem tersebut.

3. Keamanan dari data dan media serta tekni komunikasi, merupakan jeni keamanan yang berhubungan dengan kelemahan dari software yang digunakan untuk memproses dan megelola data.

Kejahatan dilakukan oleh seorang yang tidak bertanggung jawab dengan memasang dan meyebarkan virus atau trojan horses sehingga orang tersebut mendapatkan password atau haak ases yang bukan miliknya.

4. Keamanan dalam operasi, merupakan jenis keamanan jaringan berhubungan dengan prosesdur untuk mengatur dan mengelola sistem keamanan.

Keamanan yang berhubungan dengan prosedur

Nah itulah macam-macam keamanan pada jaringan Komputer, semoga bermanfaat.
Andriyansyah Yusuf
Andriyansyah Yusuf Kono Andriyansyah Yusuf niwa yume ga aru !

Post a Comment for "Jenis-Jenis Keamanan Jaringan Komputer Beserta Penjelasannya"